Pelihara Buku, Pelihara Ilmu

PELIHARA BUKU, PELIHARA ILMU 

Buku merupakan salah satu jenis koleksi perpustakaan. Koleksi ini sering dipinjam dan digunakan oleh pemustaka. Buku akan lebih sering dipegang, dibaca dan dimanfaatkan pemustaka jika perpustakaan menggunakan sistem layanan terbuka (open access). Pemustaka dapat dengan bebas memilih buku yang diinginkan.

Dibalik keuntungan tersebut, ada pula kerugian yang ditanggung oleh perpustakaan. Buku akan lebih cepat rusak, tatanan rak menjadi kacau, dan lain sebagainya. Perpustakaan IAIN Bukittinggi memberlakukan sistem open access dalam layanannya. Sivitas akademika dapat dengan bebas memilih sendiri buku yang diinginkan.

Sistem layanan ini mengakibatkan tatanan buku di rak sering kacau dan buku banyak yang rusak. Buku yang dipinjam dan dibawa pulang pun tidak lepas dari yang namanya kerusakan. Berbagai jenis kerusakan buku seperti sampul yang lepas, lem punggung buku yang lepas,basah karena air, hingga tercerai berainya halaman buku. Hingga saat ini, tercatat lebih dari 300 buku yang sudah diperbaiki oleh pustakawan di Perpustakaan IAIN Bukittinggi.

Merekatkan buku
Perbaikan dengan bor (halaman buku terpisah)
Menyampul ulang buku
Kerusakan punggung buku

 

 

 

 

 

 

 

 

Pustakawan IAIN Bukittinggi berharap buku yang rusak ini dapat berkurang. Mahasiswa atau sivitas akademika lainnya dapat lebih menjaga buku dengan baik. Buku ini dimanfaatkan oleh seluruh sivitas akademika. Kerusakan buku dapat mengakibatkan terhambatnya pemerolehan informasi. Buku yang seharusnya dapat dipinjam menjadi tidak dapat dipinjam langsung karena harus diperbaiki terlebih dahulu.

So…..borrow the book, take care of it and get the  knowledge from it. 🙂
By: Tifa (IAIN Bukittinggi  Librarian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *