Seminar Nasional, Workshop dan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam (APPTIS) 2018

Kepala Perpustakaan IAIN Bukittinggi (Dewi Anggraini,S.IP) mengikuti Seminar Nasional, Workshop dan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam (APPTIS). Lebih dari 140 peserta dari 52 PTKIN dan perguruan tinggi dari kementerian lain menghadiri acara ini. Rektor UIN Sunan Gunung Jati, Prof Dr. H. Mahmud M,Si membuka rangkaian kegiatan ini pada 18 April 2018. Acara ini berlangsung selama tiga hari sampai 20 April 2018.

Ketua APPTIS, Labibah sangat mengapresiasi upaya perpustakaan dan dukungan rektor UIN Sunan Gunung Jati demi terselenggaranya acara seminar, workshop dan rakernas. Acara pertama yaitu Workshop Online Research Skills dan Academic Writing Skilss yang masing-masing disampaikan oleh Faizuddin Herliansyah, MIM (UIN Malang) dan Agus Rifai, PhD (UIN Jakarta).

Hari selanjutnya diadakan Seminar Nasional dengan tema “Empowering Libraries for Research Quality” deng Narasumber Dr Mahrus, M.Ag (Kasi Penelitian dan HAKI Kementrian Agama RI dan Mantan Kepala STAIN Cirebon), Ghazali Muhammad Fadzil (Malaysia) dan Putu Laxman Pendit, PhD (Australia).

Acara Rapat Kerja APPTIS berlangsung setelah Seminar Nasional. Rapat kerja APPTIS tersebut mengamanatkan pengurus APPTIS untuk membuat kegiatan yang terkait advokasi perputakaan dan profesi pustakawan PTKIN, pemberdayaan pustakawan melalui berbagai pelatihan, kerja sama di bidang publikasi, pembuatan rancangan perpustakaan model bagi PTKIN serta pemetaan SDM pustakawan.

Kunjungan ke Perpustakaan Telkom University menutup rangkaian kegiatan ini. Peserta mendapatkan inspirasi dari kunjungan ke Perpustakaan Telkom University. Selain itu, kunungan ini juga membuat peserta merasa lebih fresh setelah dua hari berturut-turut mengikuti acara Workshop, Seminar Nasional dan Rapat Kerja APPTIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *