PERPUSTAKAAN IAIN BUKITTINGGI MELAKSANAKAN KEGIATAN PENDIDIKAN PEMAKAI (USER EDUCATION) BAGI PEMUSTAKA PEMULA SECARA VIRTUAL

Perpustakaan IAIN Bukittinggi menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Pemakai (user education)  Pemustaka Pemula bagi Mahasiswa Baru Tahun 2021. Kegiatan ini telah berjalan dengan pesertanya dari mahasiswa baru FEBI pada Kamis/30 September 2021. Lalu dilanjutkan pada Jumat/8 oktober 2021 dengan pesertanya dari mahasiswa baru FTIK, dan peserta dari mahasiswa baru Fakultas Syariah pada hari Selasa/12 Oktober 2021. Kemudian rangkaian kegiatan pendidikan pemakai perpustakaan ini berakhir pada Kamis/14 Oktober 2021 dengan pesertanya dari mahasiswa baru FUAD.

Sambutan dan arahan Bapak Wakil Rektor 1 mewakili Ibu Rektor, menyampaikan bahwa “ ada ungkapan yang sangat ringkas, perpustakaan adalah jantungnya perguruan tinggi, kita bisa menganalogikan bahwa jantung itu adalah salah satu organ yang sangat penting di dalam tubuh manusia, tanpa jantung akibatnya sangat vital, tanpa jantung banyak hal yang tidak berjalan dengan baik, tanpa jantung, tentunya eksistensi kita sebagai manusia tidak akan berjalan dengan baik. Begitupula dengan perpustakaan. Perpustakaan itu sangat penting, dia sangat urgen di dalam perguruan tinggi, maka itu kita menyadari dari pimpinan bagaimana perpustakaan kita ini dapat berkembang secara maksimal. Tentunya kawan-kawan perpustakaan telah maksimal untuk berupaya mengembangkan perpustakaan ini dengan ditandai Akreditasi Perpustakaan kita telah A. Semua adalah kinerja kawan-kawan perpustakaan yang begitu full, curahan tenaga dan waktu yang sangat penuh, alhamdulillah jerih payah kita dengan memperoleh hasil akreditasi A. Tentu tantangan ke depannya adalah  bagaimana perpustakaan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, kepada mahasiswa , karena akreditasi perpustakaan kita telah A, bukan berarti tidak dikunjungi lagi, justru seharusnya mahasiswa/i  IAIN Bukittinggi untuk semakin mengunjungi perpustakaan kita ini, untuk dimanfaatkan dalam menunjang proses perkuliahan dan penyelesaian studi di IAIN Bukittinggi”.

 

“Pendidikan pemakai perpustakaan (user education) merupakan program perpustakaan yang dilaksanakan 1 kali dalam setahun dalam memperkenalkan layanan perpustakaan kepada mahasiswa baru, sehingga mahasiswa baru sebagai pengunjung perpustakaan dapat memahami, mengenal, dan memanfaatkan layanan-layanan perpustakaan. Dengan kata lain kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan pemustaka tentang keberadaan perpustakaan dan layanan apa saja yang tersedia di perpustakaan IAIN Bukittinggi, juga memungkinkan pemustaka mempelajari secara umum bagaimana menggunakan perpustakaan, seperti:  jam buka, jenis koleksi,  letak koleksi tertentu, jenis layanan, cara meminjam koleksi perpustakaan, serta peraturan dan tata tertib di Perpustakaan. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kegiatan pendidikan pemakai pemustaka pemula dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting. Meskipun demikian, kegiatan ini wajib diikuti oleh mahasiswa baru. Karena bagi anggota perpustakaan yang baru dari mahasiswa baru, sertifikat telah mengikuti pendidikan pemakai perpustakaan, menjadi kelengkapan penunjang dalam peminjaman koleksi buku-buku di perpustakaan IAIN Bukittinggi”, ungkap Novi Zulfikar, M.AP/Kepala UPT Perpustakaan IAIN Bukittinggi sambutannya di  kegiatan  pendidikan pemakai perpustakaan secara virtual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *