Visitasi Akreditasi UPT Perpustakaan IAIN Bukittinggi

          Senin, 3 Desember 2018 Perpustakaan IAIN Bukittinggi melaksanakan kegiatan asesmen lapangan dalam rangka Visitasi Akreditasi UPT Perpustakaan IAIN Bukittinggi. Asesor akreditasi perpustakaan datang dari Perpustakaan Nasional yaitu Dra. Zurniaty Nasrul,MLS, Drs. Sudirwan Hamid,MH, dan Ibu Sri Rizki Pudji Lestari sebagai pendamping.

    Pembukaan acara dihadiri oleh Rektor IAIN Bukittinggi (Dr.Ridha Ahida,M.Hum), Wakil Rektor I (Dr.Asyari,M.Si), dan Wakil Rektor II (Dr.Novi Hendri, M.Ag). Sambutan disampaikan langsung oleh Rektor IAIN Bukittinggi. Dalam sambutannya Rektor IAIN Bukittinggi menyampaikan bahwa perpustakaan merupakan jantung dari sebuah perguruan tinggi, baik buruknya sebuah perpustakaan akan berpengaruh pada kualitas perguruan tinggi tersebut. Perpustakaan IAIN Bukittinggi sudah melakukan persiapan untuk akreditasi perpustakaan dan akhirnya mengirimkan borang ke Perpustakaan Nasional RI.

            Drs. Sudirwan Hamid juga menyampaikan sambutan selaku asesor. Beliau menyatakan bahwa perpustakaan harus berani untuk melaksanakan akreditasi, tidak harus menunggu siap dan sempurna karena tidak ada yang sempurna. Beliau menyampaikan selaku utusan dari Perpustakaan Nasional RI, beliau akan memberikan pembinaan jika masih ada yang masih perlu ditingkatkan terkait standar perpustakaan. Beliau memberikan apresiasi terhadap UPT Perpustakaan IAIN Bukittinggi yang telah mengirimkan instrument akreditasi ke Perpustakaan Nasional. Dengan melaksanakan akreditasi ini, perpustakaan akan mengetahui apakah selama ini pelaksanaannya telah sesuai dengan standar yang berlaku.

            Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan pengecekan instrument akreditasi. Pengecekan dibagi dua yaitu standar 1-3 dengan Dr. Sudirwan Hamid,M.H  dan standar 4-6 dengan Dra.Zurniaty Nasrul,MLS. Setelah pengecekan instrument, dilanjutkan dengan berkeliling ruangan yang ada di perpustakaan yang dilakukan oleh Ibu Zurniaty Nasrul. Saat berkeliling, beliau menyampaikan berbagai gagasan dan usulan terkait penataan rak koleksi di perpustakaan dan lain sebagainya.

            Sore harinya, para asesor menyampaikan rekomendasi terkait standar di UPT Perpustakaan IAIN Bukittinggi. Rekomendasi yang diberikan seperti peningkatan jumlah langganan database, penataan rak koleksi, peningkatan sarana perpustakaan, peningkatan kompetensi pustakawan dengan tugas belajar dan sertifikat kompetensi, peningkatan anggaran, dan sebagainya.

                                            Penyerahan berita acara dan rekomendasi akreditasi perpustakaan

            UPT Perpustakaan IAIN Bukittinggi mengharapkan hasil yang memuaskan dari penilaian akreditasi perpustakaan. Selanjutnya Perpustakaan IAIN Bukittinggi menunggu untuk penerbitan sertifikat akreditasi dari Perpustakaan Nasional sambil melengkapi bukti fisik yang diperlukan untuk dikirim ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *