Literasi Informasi “Pelatihan Penelusuran Informasi Elektronik”

 

Rabu, 14 (11/18) Perpustakaan IAIN Bukittinggi menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Penelusuran Informasi Elektronik”. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa sumber-sumber informasi elektronik. Pelatihan dihadiri oleh 9 orang mahasiswa semester 5 dari Prodi S1 PAI.Materi disampaikan oleh pustakawan IAIN Bukittinggi, yaitu Maizi Latifa,S.Hum dan Meldiany Ramadhona, Amd.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini diantaranya cara penelusuran katalog buku perpustakaan, pengenalan sumber elektronik seperti e-journal pada situs-situs seperti garuda ristekdikti, Indonesia one search, DOAJ (Directory of Open Access Jurnal), Neliti, dan Science Direct. Mahasiswa dikenalkan dengan berbagai situs jurnal online, kemudian diajarkan cara menelusurnya.

 

Selain itu, dalam pelatihan ini juga disampaikan materi tentang plagiat, anjuran untuk tidak melakukan praktik plagiarism dan aturan yang berlaku di IAIN Bukittinggi. Sesuai peraturan rektor IAIN Bukittinggi, seluruh karya ilmiah baik mahasiswa maupun dosen akan di cek tingkat plagiarismenya menggunakan aplikasi Turnitin yang sudah dilanggan leh IAIN Bukittinggi. Khusus untuk karya ilmiah mahasiswa seperti skripsi DIII dan S1 pengecekan plagiarism akan dilakukan oleh Perpustakaan IAIN Bukittinggi. Batas maksimal untuk skripsi mahasiswa adalah 30 %.

Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa semester 5, karena sebentar lagi mereka akan membuat proposal penelitian. Dengan adanya pelatihan ini, mereka dapat mencari sumber referensi yang lebih banyak  dan terbaru sehingga tidak monoton dengan buku teks saja. Diharapkan pelatihan ini dapat terus dilakukan secara berkala, mengingat masih banyak mahasiswa yang belum mengenal sumber-sumber informasi online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *