8 Langkah Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Buku Sampai di Rak

Buku yang dibeli dari proses pengadaan tidak langsung begitu saja diletakkan di rak. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Tahapan-tahapan tersebut yaitu:

1.Stempel

Langkah pertama dalam pengolahan buku adalah stempel. Stempel ini menunjukkan kepemilikan dan identitas asal buku. Perpustakaan IAIN Bukittinggi menggunakan 2 stempel yaitu stempel inventaris dan stempel kepemilikan.Stempel kepemilikan berbentuk bulat. Halaman yang distempel adalah halaman awal, tengah dan akhir. Tiap-tiap buku distempel 3 halaman.

2. Klasifikasi

Klasifikasi merupakan kegiatan pengelompokan buku beradasarkan kelas-kelas sesuai dengan DDC (Dewey Decimal Classification). Ada 2 cara untuk menentukan nomor klasifikasi buku yaitu menggunakan buku DDC (4 volume) dan menggunakan e-DDC. Melakukan klasfikasi buku menggunakan 4 Volume DDC memakan waktu yang lama, selain itu DDC ini berbahasa Inggris. Untuk mempercepat proses klasifikasi, dapat digunakan e-DDC yang praktis. Hanya dengan input keyword pada pencarian, langsung ditemukan nomor klasifikasinya.

3. Inventarisasi

Inventaris merupakan kegiatan pencatatan data buku perpustakaan dalam buku induk. Dalam proses inventarisasi, data bibliografi buku dicatat. Data-data tersebut seperti judul, pengarang, penerbit, kolasi, call number, klasifikasi, dll.

4. Input data ke sistem

Selain inventaris ke dalam buku induk, data buku juga dimasukkan ke dalam sistem. Perpustakaan IAIN Bukittinggi menggunkan sistem e-campus. Data ini kemudian dapat dilihat sebagai katalog buku yang dapat diakses secara online diĀ http://katalog-pustaka.iainbukittinggi.ac.id/pustaka/main/search.

5. Cetak label dan barcode

Setelah buku selesai diinput dan dimasukkan ke saldo awal, dilakukan pencetakan label dan barcode buku.

6. Memasang label dan barcode

Label dan barcode yang sudh dicetak ditempelkan ke buku. Label dipasang di punggung buku setinggi 2 cm dari bagian bawah punggung buku, sedangkan barcode dipasang di bagian cover belakang buku

7. Menyampul buku

Setelah kelengkapan buku terpasang, saatnya menyampul buku. Buku disampul agar lebih awet dan tahan lama.

8. Shelving

Shelving merupakan kegiatan meletakkan buku ke jajaran rak sesuai dengan nomor klasifikasinya. Setelah ini buku siap untuk dilayankan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *