Analisis Statistik Peminjaman Buku di Perpustakaan IAIN Bukittinggi

Perpustakaan IAIN Bukittinggi menggunakan sistem e-campus dalam kegiatan layanan sirkulasi. Kegiatan peminjaman dan pengembalian buku dilakukan secara online. Pemustaka dapat melakukan peminjaman buku di Lantai 2 Perpustakaan Kubang Putih dan Garegeh.

Peminjaman buku di perpustakaan IAIN Bukittinggi memiliki siklus naik-turun-naik dari bulan ke bulan selama satu tahun. Dari bulan Januari- Maret peminjam buku mengalami kenaikan, April-Juli terjadi penurunan drastis, kemudian naik kembali pada bulan Agustus hingga Desember. Hal ini dikarenakan jadwal libur mahasiswa terjadi pada bulan Juni-Juli yang menyebabkan terjadinya penurunan peminjaman buku.

Rata-rata peminjam buku tahun 2016 dalam satu bulan adalah 3.109 orang. Tahun 2017 rata-rata peminjam buku mengalami kenaikan menjadi 3.796 orang per bulan. Peminjaman buku yang mengalami kenaikan menunjukkan bahwa koleksi perpustakaan semakin sering digunakan dan dimanfaatkan oleh sivitas akademika IAIN Bukittinggi.

Berikut adalah statistik peminjaman buku di Perpustakaan IAIN Bukittinggi yang diolah dari download laporan peminjaman di e-campus:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *