Tutorial Akses GARUDA (Garba Rujukan Digital)

Tutorial Akses GARUDA (Garba Rujukan Digital)

Garuda (Garba Rujukan Digital) adalah platform sumber informasi publikasi ilmiah di Indonesia yang dikelola oleh Kemenristekdikti. Garuda mencakup semua aspek ilmu pengetahuan seperti seni, humaniora,ilmu perilaku, ilmu sosial, fisika, teknik, matematika & computer, kimia & biologi, dan lain sebagainya. Terdapat 647 publishers dan 5.059 jurnal dalam portal ini.

Artikel-artikel yang terdapat dalam portal ini ada yang open access. Portal ini dapat dimanfaatkan oleh sivitas akademika di IAIN Bukittinggi. Artikel yang open access dapat didownload dan dijadikan referensi untuk penelitian, membuat tugas kuliah, dan lain sebagainya. Dengan adanya sumber informasi ini, sumber referensi akan lebih diperkaya. Tidak hanya buku, namun artikel-artikel jurnal terupdate.

Masih banyak civitas akademika yang belum mengetahui cara akses dan download pada jurnal-jurnal open access. Berikut adalah tutorial akses pada GARUDA:

1. Buka link http://garuda.ristekdikti.go.id/

2. Kamu bisa langsung memasukkan keyword yang diketahui pada kolom yang tersedia

      3. Ditemukan 5 dokumen terkait pariwisata syariah dan terdapat 1 artikel full pdf yang bisa didownload berikut keterangan nama jurnal, volume dan tahun terbitnya

5. Kamu bisa mendownload langsung dengan mengklik teks full pdf tersebut

6. Untuk mempermudah penemuan jurnal full pdf kamu bisa menggunakan fitur Advanced Search. Klik PDF only dan masukkan kata kunci

7. Ditemukan 817 artikel jurnal full akses dan dapat didownload

Mudah kan??
Jadi, tidak ada alasan lagi kesulitan untuk mencari referensi untuk penelitian, tugas, atau makalah. Pemerintah sudah memfasilitasi kita dengan menyediakan sumber informasi terupdate dan tentunya GRATIS. So, ayo manfaatkan dan perkaya sumber informasimu. (Tifa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *