Perpustakaan sebagai Penunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi

Peningkatan Manajemen Pengelolaan Perpustakaan PTKI

Perpustakaan IAIN Bukittinggi mendapat undangan dari Kemenag Dirjen Pendidikan Islam untuk mengikuti kegiatan Peningkatan Manajemen Pengelolaan Perpustakaan PTKI di Semarang Rabu s/d Jumat (11-13 Juli 2018). Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Novotel Semarang. Kepala Perpustakaan IAIN Bukittinggi, Dewi Anggraini, S.IP menghadiri kegiatan tersebut.

Kegiatan hari pertama dibuka oleh Direktur PTKI, Arskal Salim GP. Beliau menyampaikan bahwa perpustakaan harus lebih giat mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa “Perpustakaan harus memfasilitasi, melayani dan memberi respon yang muncul dari kebutuhan pembelajaran, penelitian dan pengabdian di kampus.”

Perpustakaan harus bisa menyeimbangkan antara kebutuhan pemustaka dengan koleksi dan sarana yang tersedia. Kuantitas buku yang banyak belum tentu sesuai dengan kebutuhan pemustaka. Oleh sebab itu, perpustakaan IAIN Bukittinggi selalu meminta usulan buku kepada civitas akademika. Usulan tersebut diminta melalui surat resmi pada fakultas dan form usulan buku pada website perpustakaan. Sarana seperti fasilitas komputer untuk pencarian informasi jumlah juga perlu disesuaikan dengan jumlah mahasiswa.

Drs.Nurcahyo,M.Si dari Perpustakaan Nasional mengisi materi hari kedua. Beliau menyampaikan tentang pengisian borang akreditasi perpustakaan. Banyak Perpustakaan PTKI yang belum memahami tentang akreditasi perpustakaan. Perpustakaan IAIN Bukittinggi masih perlu meningkatkan layanan, sarana, dan fasilitas terkait akreditasi perpustakaan.

Hari terakhir diisi dengan kunjungan ke Perpustakaan UIN Walisongo Semarang. Kunjungan ini diharapkan menjadi inspirasi bagi kepala perpustakaan untuk membuat Perpustakaan IAIN Bukittinggi semakin maju dan berkembang sesuai dengan kebutuhan civitas akademikanya. Perpustakaan harus dapat berinovasi agar pengunjung semakin betah berada di perpustakaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *