Pelatihan Penelusuran Informasi Online

    Sulitnya mencari informasi terbaru mengenai artikel jurnal sebagai referensi penulisan skripsi menjadi salah satu alasan pustakawan IAIN Bukittinggi untuk mengadakan pelatihan ini. Banyak mahasiswa yang belum mengetahui berbagai sumber informasi online. Kegiatan ini  berlangsung pada hari Kamis (24/5/2018).

   Materi dalam pelatihan ini meliputi pengenalan sumber-sumber informasi online pada mahasiswa disertai praktek langsung cara mencari informasi yang terdapat di dalamnya. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai jurusan, diantaranya jurusan Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam, dan Matematika.

   Website sumber informasi yang dikenalkan pada mahasiswa diantaranya yaitu Portal Garuda, Indonesia One Search, Science Direct, dan DOAJ (Directory of Open Access Journal). Pada kesempatan ini pustakawan juga menyampaikan pada mahasiswa untuk tidak melakukan plagiarisme jika menemukan referensi pada jurnal online ini. Mahasiswa harus menyertakan sumber jika menyalin dari sumber tersebut.

   Pelatihan ini diharapkan dapat berlangsung secara berkala. Mahasiswa dapat mendaftar langsung ke Perpustakaan IAIN Kubang Putih. Dengan adanya pelatihan ini, sumber informasi yang diperoleh mahasiswa tidak hanya dari buku saja namun dapat juga diperoleh dari sumber jurnal online yang bisa diunduh. Dengan demikian, referensi penulisan skripsi jadi lebih beragam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *